Alhamdulillah hari ini aku telah selasai mengikuti dua mata kuliah dari tiga mata kuliah hari ini, Produksi acara radio & Pulbic Relation, tinggal menunggu jam Kuliah selanjutnya yaitu Hadits.

Saat ini uki sedang istirahat dan ngumpul bareng teman-teman seperjuangan, Ada faiz yg imut, syem yg gokil, Imam yg Sook Alim wkwkwkwk, Rifqi DBS, tiya wijayanto eehhh wijayanti maksudnya yg Suka ketawa, dan ad juga Intan orang yg uki gak tau akan namanya,,, tapi kita akrab lhoo dan kita uda berteman hampir 1 tahun lebih ,,, Aneh kan,,..... heheheheheh

kita disini pada sibuk FB-ian, tapi di balik kesibukan kami, ada canda dan tawa yang menghiasi dan yang menghibur tentunya,,, wkwkwkwkkkkkkk

di tengah asiknya canda dan tawa si rifki DBS nanya masalah Beasiswa Gudang Garam,,, dia berharap banget dapet tue beasiswa, uki ciiee sangat berharap dapat juga tue beasiswa,, wkkkkkkkk

Rifqi : " teman-teman masalah beasiswa yang gudang garam tue gimana ... !!?
imam : " Emang  kenapa sob "
Rifqi : " soalnya aku masih bingung,, aku kan pengen ngajuin beasiswa yang BCA tue,, tapi takutnya aku dapat or diterima di Gudam garam ,,,, kan perjanjiannya gak sedang menrima beasiswa tue.... gmn ..!!??
tiya : ya gak apa-apa lah rif... kan kamu belum menerima beasiswa sama sekali dan masih menunggu pengumuman. itu artinya kamu masih bisa ngajuin beasiswa lain...

syem : ya bener tue apa kata tiya ... iya kalo dapet ... kalo gak.... makanya ngajuin aja kesemuanya.... wkkkkkkkkkk

Heemm .............. !!!!

sayang .... di sela-sela obrolan canda dan tawa kami,,,, serius lagi,,, harus terpotong,, karna sebagian dari teman-teman harus masuk kuliah lagi .... Uki cie jg uda laper banget ....wkwkwkwkwkkkkk

jadi .....

temen-temen sampai disini dulu ya .....

Semangat Buat Kita Semua ....

NB : Janagan Pernah Meninggalkan menyepelekan Masalah Ynag Sekecil apapun ....
        karna dari yang kecil lah kita berangkat,,, dan begitu juga dengan kesuksesan ,,,,
        yang terpenting tetap semangat dan optimis ....
                       " Kesuksesan telah menanti kita "
        jangan menunggu dan hanya diam saja,, bertindak, berjuang  dan selalu berusaha, dan jangan lupa berdoa pastinya,,,

                                          --------------------- Thanks ------------------

Sabar & Plan


pagi ini udara sangat cerah sekali, dengan penuh semangat aku menyambut hari ini dengan bismillah.  
Jam 4:20 aku bangun dan langsung mengerjakan Sholat Shubuh dan mengikuti pengajian or kultum di kontrakan bersama teman-teman. Topikx adalah mengenai "KESABARAN" ... yahhh sabar ... sabar dalam segala hal, karna sabar tak terbatas, dalam artian jika kita sabar hanya sesaat berarti kita belum bisa di katakan orang Sabar.

Hidup gak akan pernah lepas dari yang namanya masalah, cobaan dan sebagainya, tapi saya yakin kalau kita  sabar dalam menghadapi semua problematika kehidupan ini insya Allah Perjalanan hidup kita akan terasa enjoi dan bahagia.

Allah maha Adil dan maha segalanya, Allah memberikan kita sesuatu, baik itu cobaan, kebahagian, dan kejadian-kejadian yang lain pasti ada hikmahnya. kita gak akan pernah tahu rahasia tuhan, tapi yang jelas di setiap peristiwa dan cobaan yang Allah berikan pada kita pasti ada hikmahnya. pasti....

Kita gak akan pernah bisa menghindar dari yang namanya cobaan dan problematika dalam kehidupan, oleh sebab itulah kawan-kawan sekalian, bersiaplah dan hadapi semuanya dengan sabar dan Ikhlas.

semoga Hari ini kita senantiasa dalam Ridho Allah SWT.
                                                      * Ada Rencana di Balik Peristiwa * 

Ada  beberapa planing yang telah saya konsep sebelumnya dan itu berlaku selamany.

1. Sholat tahajud
2. holat Subuh
3. Membaca Al_Quran 
4. Sholat dhuha
5. Kuliah ( 7:30-9:10 *Produksi Acara Ra dio* & 9:20-11:00 *Public Relation* & 13:00-15:30 *Hadist 1*
6. Pergi ke Ramai Mall
7. Mengembalikan Buku ke Perpus
8. Membaca minimal 20 mnt
9. Belajar
10. Istirahat + Tidur (Ma x 5 jam)
11. Lain-lain
12. Wajib Sholat Lima Waktu
13. Lain-Lain

Aku tak tahu apa yang akan terjadi pada hari ini. yang pasti aku telah mempersiapkan semua dan akan terus semangat. 

Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.

Manajemen Strategis Program Siaran


Manajemen Strategis Program Siaran

Perencanaan program siaran
Mencakup pekerjaan mempersiapkan rencana jangka pendek, menengah, dan jangka panjang yang memungkinkan stasiun penyiaran untuk mendapatkan tujuan program dan tujuan keuangannya. Pelaksanaannya berkaitan dengan kegiatan produksi, pemilihan (akuisisi), serta penjadwalan program untuk dapat menarik minat sebanyak mungkin audien. Bagian yang bertanggung jawab dalam perencanaan program ini biasanya dipegang oleh manajemen puncak pada stasiun penyiaran, utamanya manager program dengan terlebih dahulu berkonsultasi dengan manajer pemasaran (sebagai bagian yang nantinya akan memasarkan program kepada para pemasang iklan, serta memberikan pertimbangan dan pandangan mengenai prospek peringkat program/ rating, dsb), dan juga manajer umum.
  1. 1. Analisa dan Strategi Program
Berkaitan dengan rencana pemasaran strategis yang berfungsi sebagai panduan dalam menggunakan sumber daya yang dimiliki bagi audiean sebagai pasar dalam kegiatan pemasaran program media penyiaran. Analisa situasi ini terdiri dari analisa peluang dan analisa kompetitif.
  1. 2. Bauran Program (Marketing Mix)
Suatu konsep pemasaran penting yang harus dipahami pengelola media penyiaran, antara lain:
-    Produk Program (Product) : Produk yang ditawarkan kepada audien mencakup nama dan kemasan program.
-          Harga Program (Price): Harga suatu program mencakup biaya produksi program dan biaya yang dikenakan pada pemasang iklan (tarif iklan) jika program ditayangkan.
-          Distribusi Program (Place) : Proses pengiriman program dari transmisi hingga diterima audien (TV dan radio).
-          Promosi Program (Promotion : Proses bagaimana memberitahu audien mengenai adanya suatu program sehingga mereka tertarik untuk menonton atau mendengarkannya.
  1. 3. Faktor Berpengaruh
Keputusan untuk memproduksi atau tidak memproduksi dan menayangkan suatu program pada stasiun penyiaran ditentukan oleh empat hal utama, yakni:
  1. Audien (umpan balik dari penonton dan pendengar; laporan peringkat/ rating)
  2. Pengelola/ Pemilik : Mereka yang bertanggung jawab menjalankan atau mengoperasikan stasiun penyiaran dengan tujuan untuk mendatangkan keuntungan bagi kepentingan pemilik stasiun.
  3. Pemasang Iklan/Sponsor (Pihak yang mempromosikan produknya pada stasiun penyiaran.)Regulator (Pihak yang berwenang mengawasi stasiun penyiaran.)
  4. 4. Membuat Perencanaan
Terdapat sejumlah hal yang harus diputuskan dalam perencanaan program yang mencakup:
1.   Keputusan mengenai Target Audien : Diarahkan untuk dapat memilih (seleksi) dan menjadwalkan penayangan suatu program yang dapat menarik sebanyak mungkin penonton dari jumlah audien yang ada (tersedia) pada waktu tertentu.
2.   Keputusan mengenai Target Pendapatan : Penetapan target pendapatan yang dapat diterima dari penayangan suatu program.
5. Tujuan Program
a. Mendapatkan sebanyak mungkin audien.
b. Target audien tertentu (program demografis: dikhususkan pada kalangan audien tertentu)
c. Prestise (pengakuan dari pihak lain)
d. Penghargaan (memenangkan suatu penghargaan atas karya/ program yang diproduksi)
e. Kepetingan Publik (memenuhi kepentingan/ kebutuhan public ditempat stasiun itu berada)
6. Faktor-faktor Penting dalam Akuisisi dan Scheduling Program
Diantaranya adalah persaingan, ketersediaan audien, kebiasaan audien, aliran audien, ketertarikan
Audien, ketertarikan pemasang iklan, anggaran, ketersediaan program, produksi sendiri, stasiun jaringan, stasiun lokal, rumah produksi (PH), perusahaan film besar, perusahaan sindikasi, pemasang iklan
7. Produksi dan Akuisisi/ Pembelian Program
Pada dasarnya bagian ini merupakan tanggung jawab dari manajer program. Pada pelaksanaannya mereka berkonsultasi terlebih daluhu dengan manajer pemasaran dan manajer umum seperti pada perencanaan. Kata kunci untuk memproduksi atau membuat program adalah ide atau gagasan yang juga sebagai titik awal sebuah produksi program. Ditinjau dari siapa yang memproduksi program, maka program dapat dibagi menjadi dua, yakni:
  1. Program yang dibuat sendiri (in house production)
Biasanya adalah program berita (news programme), program yang terkait dengan informasi, dan program yang menggunakan studio.
  1. Program yang dibuat pihak lain, utamanya jenis program hiburan.
Khusus untuk produksi program hiburan, pelaksanaan produksi ini dijalankan oleh departemen produksi yang dibantu oleh berbagai personnel, yakni  produser, penulis skrip, sutradara, asisten sutradara, dan director of photography.

Sumber : asiaaudiovisualexc09adibganteng.wordpress.com/manajemen-strategis-program-siaran/

Populer